Thursday, September 02, 2010

Koin yang Tak Terlihat

Alat dan bahan :

  1. Satu buah koin.
  2. Gelas bening
  3. Air
  4. Lepek
  5. Selembar kertas putih

Aktivitas :

  1. Tempat koin di selembar kertas putih
  2. Letakkan kaca bening yang diisi dengan air di atas koin.
  3. Dapatkah Anda melihat koin? Di mana tempat terbaik untuk melihat koin?
  4. Tempatkan di atas piring kaca berisi air.
  5. Cobalah untuk mencari koin tersebut tanpa melihat lurus ke bawah melalui air di kaca.
  6. Cobalah melihat dari ketinggian yang berbeda dan sudut yang berbeda. Dapatkah Anda melihatnya?

Apa yang terjadi ?

Kita melihat benda karena cahaya memantulkan dari mereka dan masuk ke mata kita. Tapi cahaya akan mengalami kondisi yang berbeda jika melewati medium yang berbeda. Cahaya terpantul koin harus melalui udara, gelas dan air (semua dengan kerapatan yang berbeda) untuk sampai ke mata Anda, tetapi cahaya melengkung begitu banyak kali bahwa pada waktu itu sampai ke mata Anda, sepertinya uang logam yang digunakan di suatu tempat bukan. Hal ini disebabkan oleh refraksi.
Pernah ke kamar mandi untuk ambil mainan dan menemukan bahwa itu tidak dalam posisi itu tampaknya? Hal ini juga disebabkan oleh pembiasan. Ketika cahaya memasuki air itu sedikit melambat. Jika cahaya memasuki air di sudut, maka ini menyebabkan perubahan kecepatan sinar membengkokkan jauh dari jalan aslinya.
Cahaya bergerak dalam garis lurus pada 300 juta meter per detik dalam ruang hampa, dan tentang kecepatan yang sama di udara. Namun, cahaya berjalan pada kecepatan yang lebih lambat dalam media transparan seperti air dan kaca. Sebagai contoh, kecepatan cahaya dalam air hanya 230.000.000 meter per detik, sedangkan di gelas hanya 200 juta meter per detik.

Penerapan
Pelangi biasanya terlihat setelah hujan saat matahari masih bersinar. Pelangi terjadi ketika sinar dari matahari dibiaskan dan tercermin dari tetesan air di atmosfer. Ketika cahaya putih, yang merupakan campuran warna, memukul hujan itu memisahkan ke panjang gelombang yang berbeda. Setiap warna memiliki panjang gelombang yang berbeda. Dengan kata lain, warna cahaya putih terdispersi oleh tetesan itu.
Sebagian besar dari cahaya dibiaskan melewati tetesan itu. Namun, beberapa yang tercermin dari tetesan itu. Cahaya dibiaskan tercermin sekali lagi ketika meninggalkan tetesan itu. Panjang gelombang cahaya yang lebih jauh terpisah dan ketika cahaya mencapai mata kita, kita melihat cahaya putih dipisahkan ke dalam semua warnanya. Warna pelangi cerah lari dari ungu menjadi merah. Pelangi bervariasi menurut kekuatan cahaya dan ukuran tetes.
Blue Mountains, terletak pada 100 km barat Sydney, NSW muncul biru. Kabut biru adalah karena fenomena fisika yang disebut hamburan. Gunung-gunung yang padat penduduknya dengan pohon eucalyptus. Ini tetesan minyak pohon melepaskan ke atmosfir. Sinar matahari hits tetesan minyak dan panjang gelombang cahaya yang berbeda mendapatkan dibelokkan ke arah yang berbeda. Panjang gelombang yang sesuai dengan biru yang dibelokkan lebih dari panjang gelombang yang terkait dengan merah, yang menyebabkan mata kita untuk melihat kabut biru.
Warna biru langit juga disebabkan oleh hamburan cahaya matahari dari molekul atmosfer.

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More